Gaya Hidup

Nomophobia, Penyakit Baru Bagi Pengguna Smartphone

Penyakit Nomophobia Fobia Jika Tidak Bawa Ponsel/HP

Venicka.com – Kecanduan ponsel adalah penyakit yang benar-benar ada. Nomophobia atau no-mobile-phone phobia begitu kata ahli menyebutnya untuk mereka yang fobia jika tidak membawa ponsel. Bahkan survei terbaru menemukan bahwa 84 persen dari populasi dunia mengatakan mereka tidak bisa pergi ke luar rumah tanpa ponsel!

Kita cenderung balik lagi ketika mengetahui bahwa di saku atau tas tidak ada perangkat smartphone atau ponsel sewaktu sedang atau sudah berada di lokasi lain dari tempat tinggal kita. Kecemasan dan stres pada orang dengan nomophobia menyangkut kekhawatiran jika tidak bisa memantau media sosial.

Nah, bagi Anda yang “menderita” penyakit ini bisa mengikuti terapi yang disarankan Dr Larry Rosen, seorang profesor psikologi di California State University, Amerika Serikat. Dia menyarankan untuk berlatih tidak memeriksa ponsel selama beberapa waktu. Jika hal ini terasa sulit, cobalah periksa telpon selama satu menit kemudian matikan dan tempatkan terbalik di depan mata selama 15 menit.

Setelah itu, coba nyalakan lagi dan cek selama satu menit dan ulangi proses yang sama. Perlahan-lahan tingkatkan waktu dari 15 menit menjadi 20 menit dan seterusnya. Niscaya bila Anda tertinggal ponsel tidak perlu panik lagi.

Dari hasil penelitian dari University of Arizona menemukan bahwa rata rata ponsel memiliki jumlah kuman hingga 10 kali jumlah kuman yang ditemukan di kamar mandi! Ponsel sering ditempatkan di alas yang kotor kemudian memegangnya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Usahakan ponsel Anda dibersihkan dengan tisu anti bakteri sesering mungkin. Cuci tangan sebelum memegang ponsel dan menaruhnya harus hati-hati dan jangan di sembarang tempat.

Terus menerus menggunakan ponsel juga tidak baik, apa lagi sampai di bawa ke tempat tidur untuk meng-update status atau sekedar membaca berita online. Sinar biru yang dipancarkan dari perangkat elektronik mengganggu produksi hormon melatonin atau hormon yang membuat kita mengantuk. Lebih baik membaca buku fisik (bukan e-book ya) selain membuat kita tambah ilmu juga tidak merusak kesehatan.

Banyak manfaat dari sebuah ponsel sebenarnya bila kita berlaku bijak. Salah satunya menambah pertemanan dan relasi bisnis. Tapi ingat ya terus menerus memeriksa ponsel saat Anda bersama keluarga atau kawan dekat Anda membuat dapat membuat orang
lain merasa tidak dihargai dan akhirnya ini bisa merenggangkan hubungan  dengan sesama atau dengan orang-orang terdekat. Hargailah orang lain dan ingatkan pada diri sendiri bahwa Anda dapat memeriksa telpon nanti.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

27 − 23 =

Terpopuler

Ke Atas
error: Konten Dilindungi !!
IBX59EDFD52E7CAD