Kesehatan

Ingin Tetap Langsing Pasca Melahirkan? Inilah Tips Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui

Venicka.com – Pasca melahirkan, bentuk tubuh seolah menjadi hal yang sangat menakutkan. Ini karena bentuk tubuh akan berubah menjadi lebih besar dari sebelum hamil. Banyak ibu yang berlomba-lomba mencari cara untuk bisa menurunkan berat badannya kembali saat sedang menyusui.

Sebenarnya, ada banyak tips menurunkan berat badan saat menyusui yang bisa dilakukan. Apa sajakah itu? Berikut diantaranya :

JANGAN DIET

Diet yang dimaksud yaitu diet super ketat. Untuk membantu menurunkan berat badan saat menyusui bukan berarti anda langsung memangkas pori makan. Yang terbaik adalah memangkas porsi makan sedikit demi sedikit yang dilakukan secara bertahap.

Perlu diingat!! Perhatikan asupan kalori ahrian anda, jangan sampai kurang dari 1800 kalori. Disamping itu, zat gizi seperti kalsium, zat besi, asam folat, vitamin C dan protein juga harus dipenuhi dengan baik.

Konsumsi juga ikan berlemak dan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 seperti kacang-kacangan. Tujuannya yaitu untuk membantu perkembangan otak pada bayi yang anda susui. Hal terpenting yang perlu anda perhatikan adalah jangan menurunkan berat badan saat menyusui secara terburu-buru.

MAKAN SERING TAPI SEDIKIT-SEDIKIT

Hampir setiap orang berfikiran, untuk menurunkan berat badan saat menyusui tentunya harus membatasi frekuensi makan. Namun pada kenyataanya, yang sebaiknya dilakukan yaitu makanlah lebih sering tapi sedikit-sedikit.

Dengan cara ini, justru akan membuat anda merasa selalu kenyang, jadi konsumsi makanan bisa lebih terkontrol. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi dan kalori harian anda tetap terpenuhi dengan baik.

Jangan biasakan perut anda merasa terlalu lapar, karena ini justru akan mendorong anda makan dengan porsi lebih banyak lagi. Jeda waktu yang terlalu lama untuk makan juga bisa menjadi penyebab tidak lancarnya produksi ASI.

TETAP MENYUSUI

Banyak penelitian yang sudah membuktikan jika tetap menyusui selama 6 bulan juga bisa membantu menurunkan berat badan. Jadi mulai sekarang jangan batasi atau bahkan tidak menyusui bayi anda lagi. Tetap susui bayi anda secara eksklusif.

PENUHI KEBUTUHAN AIR

Tahukah anda, memenuhi kebuhan air harian anda bisa membantu mencegah dehidrasi dan juga sembelit yang menjadi masalah paling sering dialami selama menyusui. Bukan hanya itu saja, minum air putih juga bisa menekan rasa lapar, sehingga tidak ingin lagi makan.

Asupan air yang cukup dalam tubuh juga bisa membantu mempercepat metabilisme tubuh anda, sehingga tubuh akan lebih sehat dan bugar. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi 8 gelas ari putih sehari. Minumlah ketika anda merasa haus, dan selalu sediakan air putih didekat anda agar lebih mudah menjangkaunya.

OLAHRAGA TERATUR

Bukan rahasia lagi juga olahraga adalah salah satu menurunkan berat badan saat menyusui yang cukup ampuh. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan olahraga ringan yang penting dilakukan secara teratur.

Anda bisa joging di pagi hari atau hanya sekedar jalan santai bersama bayi anda. Atau bisa juga mengikuti kelas yoga. Selain mempu menyehatkan badan, olahraga juga ampuh dalam hal menghilangkan stress dan membuat tidur anda lebih nyenyak.

Cukup mudah bukan cara menurunkan berat badan saat menyusui? Yuk lakukan mulai sekarang!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

31 − = 21

Terpopuler

Ke Atas
error: Konten Dilindungi !!
IBX59EDFD52E7CAD