Wisata

Mendaki Santai Ke Puncak Gunung Kencana

Puncak Gunung Kencana Bogor

Venicka.com – Ada yang pernah mendaki Gunung Gede-Pangrango atau Gunung Salak di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor? Pastinya jika ingin ke puncak kedua gunung itu persiapan mental dan fisik serta perlengkapan harus mumpuni.

Namun jika  hanya ingin sekadar berjalan-jalan dengan tetap menikmati sensasinya mendaki gunung, cobalah ke Gunung Kencana kawasan Puncak, tepatnya di kampung Lahan Cadangan. Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor.

Gunung kecil ini bisa menjadi pilihan bagi traveler yang ingin mendaki santai. Memang, Gunung Kencana ini belum begitu populer dan belum menjadi objek wisata utama warga bila bepergian ke Puncak.

Pintu masuk menuju Gunung Kencana sama dengan pintu masuk menuju Telaga Warna di daerah perkebunan teh. Tepatnya di taman El Rimba Puncak sebelah Masjid Attaawun. Di pintu masuk, Anda cukup membavar tiket sebesar Rp 5.000 per orang.

Petualangan pun dimulai! Untuk menuju kawasan Gunung Kencana, Anda harus melewati jalan berbatu. Disarankan menggunakan sepeda motor atau mobil khusus medan berat seperti mobil offroad karena kondisi jalan berbatu dan menanjak.

Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan hamparan perkebunan teh. Gugusan bukit dan gunung juga akan menyegarkan mata Anda sepanjang perjalanan. Lebih enak perjalanan dilakukan pada pagi hari karena pemandangan akan terlihat lebih jelas dan udara pun masih segar.

Di sepanjang perjalanan, Anda bisa berhenti sejenak untuk istirahat atau sekadar berfoto ria karena ada beberapa titik untuk berfoto yang menarik dan instagramable . Setelah sekitar 45 menit menyusuri jalan berbatu, Anda akan tiba di Kampung Lahan Cadangan.

Di sana, Anda blsa menitipkan kendaraaan di rumah warga dengan tarif Rp 5.000 per sepeda motor, tetapi jika Anda menginap biayanya membengkak menjadi Rp 10.000. Dan jikalau lupa membawa perbekalan seperti minum dan makanan ringan, Anda tinggal membelinya di warung kelontong yang ada di perkampungan warga itu.

Jarak dari perkampungan menuju pintu masuk pendakian Gunung Kencana tidak begitu jauh. Spanduk bertuliskan Selamat Datang di Wisata Alam Gunung Kencana akan menyambut Anda di pintu masuk. Di situ. Anda cukup membayar Rp 10.000 saja untuk mulai mendaki Gunung Kencana.

Tanjakan Sambalado Ala Ayu Ting Ting

Saat pertama kali memasuki Gunung Kencana. Anda akan disambut dengan Tanjakan Sambalado. Nama yang terdengar unik. Entah siapa yang menamai tanjakan tersebut dengan nama yang sama dengan judul lagu milik pedangdut Ayu Ting Ting. Belum diketahui pula maksud dari penamaan Tanjakan Sambalado itu.

Tanjakan Sambalado ini cukup terjal dengan kemiringan yang cukup tajam. Anda harus memiliki ratusan anak tangga dengan ketinggian sekitar sebetis orang dewasa tiap anak tangganya. Dasar dari anak tangga masih berbentuk tanah dan akar. sehingga cukup licin. Anda harus berpegangan kayu yang dipasang di tiap sisinya.

Anda akan ngos-ngosan dan berkeringat saat mencapai akhir Tanjakan Sambalado iai. Setelah tiba di akhir baru terasa makna dari Sambalado ini, berkeringat seperti memakan sambal.

Perjalanan pun dilanjutkan dengan melewati dua pos. Di sini Anda pun harus hati-hati karena kondisi jalanan cukup licin. Setelah sekitar satu jam pendakian, rasa lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan indah dari Puncak Gunung Kencana. Di ketinggian 1.803 meter di atas permukaan laut (MDPL) tersebut, Anda disuguhkan birunya langit dan pemandangan Gunung Gede.

Jika sudah tiba di puncak, seraya beristirahat jangan lupa abadikan momen-momen alam nan indah itu dengan kamera Anda. Bahkan. Anda juga bisa mendirikan tenda di sana. Anda tertarik?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

53 − 47 =

Terpopuler

To Top
error: Konten Dilindungi !!