Wisata

Keindahan Pantai Menganti Kebumen Dengan Sunset Di Atas Bukit

Pantai Menganti Kebumen

Venicka.com – Pantai, identik dengan pasir dan ombak yang membuat mata terpana memandangnya. Apalagi bagi anda yang jarang berkunjung atau bertempat tinggal di pegunungan. Tentunya wisata ke pantai menjadi salah satu rencana liburan yang masuk ke dalam daftar tujuan berlibur anda. Beberapa pantai juga memiliki daya tarik masing-masing yang tentunya membuat anda bingung memilih akan kemana berlibur.

Mentari terbenam atau biasa disebut dengan sunset merupakan salah satu daya tarik sendiri sebuah pantai. Pantai Kuta, Pantai Indrayanti, Pantai Ngobaran, Pantai Menganti Kebumen, dan masih banyak lagi pantai lainya yang menyuguhkan keindahan sunsetnya. Tentunya deretan pantai layaknya pantai Kuta dan Pantai di Wonosari Jogja sudah terdengar biasa anda kunjungi. Namun salah satu pantai yang masih bisa dibilang baru dan awam terdengar di telinga yakni Pantai Menganti.

Lokasi dan Rute Pantai Menganti Kebumen
Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Ada dua rute perjalanan Pantai Menganti. Yang pertama anda bisa mengambil jalur Gombong. Dari situ anda ambil jalur Puring, tak berselang jauh belok kanan menuju jalur Pantai Suwuk barulah anda berada di jalur Pantai Menganti Kebumen. Jalur ini hanya berjarak 35 km dan akan membuat anda terjaga selama perjalanan karena terdapat kelokan tajam sepanjang jalan.

Rute selanjutnya berjarak lebih jauh yakni 45 km dan membutuhkan sekitar waktu 90 menit. Dari jalur Gombong, anda ambil arah barat menuju Pantai Logending dan setelahnya lanjutkan ke jalur naik arah Pantai Menganti. Namun bila anda dari Purwokerto, sebaiknya ambil rute yang kedua. Jika tibanya ke Pantai Logending belok kanan, maka untuk menuju Pantai Menganti anda harus berbelok ke kiri. Dimana dari situ Pantai Menganti hanya berjarak 4 km.

Keindahan Yang Terpendam
Pantai ini bukan hanya memanjakan mata anda dengan suasana pantainya saja, namun di sisi utara dari pantai ini terdapat pegunungan dan perbukitan. Dimana dari atas perbukitan anda dapat menikmati sunset dan riuhnya deru angin yang memanjakan raga kita. Pasir putih yang melambai luas sepanjang pelataran pantai menambah pesona pantai ini. Di Menganti, anda juga bisa berbaur bersama keseharian nelayan dan membeli hasil tangkapannya untuk dinikmati ditempat ataupun sebagai buah tangan.

Keindahan sunset dan kilauan riuh air laut akan terlihat lebih menarik di saat kita berada diatas perbukitan atau tebing yang berada disekitar pantai. Selain itu terdapat mercusuar yang tersedia untuk melihat deretan pantai lain di sekitar Menganti seperti Pantai Karangbata dan Pecaron. Selain sunsetnya, Pantai Menganti Kebumen juga menyuguhkan tebing-tebing dengan kucuran air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter disaat musim hujan tiba.

Fasilitas Yang Disediakan
Untuk fasilitas yang tersedia di area Pantai Menganti Kebumen juga sudah terbilang cukup komplit. Penginapan sudah mulai berjajaran disana. Harga-harganya pun terjangkau dan bervariasi sesuai layanan yang dijanjikan. Selain itu juga sudah tersedia area lapang luas untuk anda yang ingin menikmati suasana alam dengan camping. Untuk mengisi perut, anda tak perlu kawatir karena disana juga sudah ada warung makan yang siap memanjakan lidah anda.

So, bagaiamana menurut anda? Tentunya Pantai Menganti bisa menjadi salah satu referensi Pantai yang dapat anda kunjungi jika waktu libur bersama keluarga atau kekasih tercinta tiba.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 5 Tempat Alternatif Berwisata Kala Musim Hujan - Venicka Arlia Putriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =

Terpopuler

Ke Atas
error: Konten Dilindungi !!
IBX59EDFD52E7CAD