Wisata

Objek Wisata Alam Di Semarang Ini Membuktikan Betapa Indahnya Ciptaan Tuhan

Venicka.com – Berwisata merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan seseorang untuk melepaskan penat karena aktivitas sehari-hari. Nah, Anda tentu sudah tidak asing dengan kota yang menjadi Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini kan?

Ya, Semarang merupakan Ibukota Provinsi Jawa Tengah yang terkenal akan wisatanya. Walaupun tidak terkenal seperti kota wisata yang lain, akan tetapi Semarang memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah menarik mulai dari wisata sejarah, wisata buatan, wisata budaya, serta wisata alam.

Jika Anda lebih menyukai petualangan, banyak objek wisata alam di Semarang yang menyuguhkan pemandangan yang sangat menarik untuk mengisi liburan Anda bersama keluarga atau kerabat. Lantas, tempat wisata alam apa saja yang bisa dikunjungi di Semarang? Berikut diantaranya :

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan salah satu objek wisata alam di Semarang yang berada di Ds. Sidomukti, Kec. Bandungan, Kab. Semarang. Wisata ini cocok sekali bagi Anda yang suka berpetualang dengan alam.

Saat sampai di sini, Anda akan langsung disambut dengan udara yang segar karena tempat wisata ini terletak di lereng gunung Ungaran. Spot yang disuguhkan untuk para wisatawan juga banyak yaitu berbagai macam Area Outbond, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, Meeting Room, Camping Ground, serta Kolam Renang Alam. Ada empat buah kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda serta airnya yang jernih dan menyegarkan.

Untuk masuk ke Umbul Sidomukti, harga tiket pada hari biasa Rp. 8.000,- per orang dan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur Rp. 10.000,- per orang. Jika ingin menikmati wahana permainan yang lain, maka akan dikenakan tarif untuk masing-masing wahana tersebut.

Rawa Pening

Tau kan cerita legenda asal mula rawa pening? Ya, dengan adanya cerita yang menarik mengenai legenda asal mula rawa pening yang telah terkenal dan beredar di masyarakat Indonesia, menjadikan tempat wisata ini sudah tidak asing lagi. Objek wisata alam di Semarang ini merupakan sebuah tempat wisata yang berbentuk danau, terletak di wilayah kecamatan Tuntang, Bawen, Ambawara, serta Banyubiru.

Di sini, Anda dapat menyewa perahu yang sengaja di sediakan untuk wisatawan yang ingin berkeliling menikmati keindahan danau. Selain menikmati keindahan danau dan pegunungan, Anda juga dapat memancing ikan maupun olahraga air yang dapat menyegarkan badan dan juga pikiran.

Bukit Rawa Pening ini juga menyediakan fasilitas yang unik bagi wisatawan di antaranya ada pusat kerajinan, pendopo, restoran apung, dan dok. Tempatnya pun berada di tengah-tengah persawahan dan berbatasan dengan Danau Rawa Pening, sehingga bagi Anda yang berkunjung ke sini dapat menikmati pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo yang berada di sebelah selatan.

Brown Canyon

Pasti Anda tau kan Grand Canyon yang ada di Amerika? Ternyata Semarang juga punya, yaitu Brown Canyon yang merupakan sebuah tempat bekas penambangan. Letaknya berada di Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang.

Tempat ini berbentuk tebing-tebing yang menjulang tinggi sehingga membuat tempat ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Brown Canyon sangat cocok nih bagi kalian yang hobi dengan fotografi.

Sebetulnya Brown Canyon bukanlah tempat wisata, akan tetapi sebuah perbukitan biasa. Karena adanya penambangan material yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun, maka tempat tersebut akhirnya berubah wujud layaknya Grand Canyon yang berada di Amerika dan dijadikan salah satu objek wisata alam di Semarang.

Maron Mangrove Edupark

Maron Mangrove Edupark adalah sebuah tempat ekowisata mangrove yang letaknya dekat sekali dengan Bandara Ahmad Yani, yaitu di Pantai Mangunharjo, Tugurejo, Tugu, Kota Semarang. Untuk tiket masuk, Anda hanya akan dikenakan tarif Rp. 5.000,- per orang dan Rp. 2.000,- untuk parkir kendaraan.

Untuk sampai di Taman Mangrove Mangunharjo, pengunjung harus melewati jembatan bambu terlebih dahulu. View yang disuguhkan sangatlah menarik dan cocok untuk di abadikan dalam sebuah foto. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan baground berlatar belakang pesawat terbang karena banyak pesawat yang melewati area tersebut.

Tidak hanya sampai disitu, terdapat menara yang tingginya 10 meter yang cocok untuk berfoto-foto dari atas agar menghasilkan view yang lebih bagus. Jika ingin berkeliling mengelilingi hutan mangrove, Anda bisa menyewa perahu dengan tarif tersendiri.

Air Terjun Kali Pancur

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter yang dilengkapi dengan bebatuan alam dan juga pepohonan yang hijau sehingga suasananya sangat menyejukkan, serta pemandangan yang cantik dan menakjubkan jika dilihat dari dekat maupun dari kejauhan.

Untuk pergi ke Air Terjun Kali Pancur, lokasinya berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang yaitu sekitar 14 km sebelah barat kota Salatiga. Tiket masuknya yaitu Rp. 3.000,- per orang, serta tempat parkir yang disediakan juga cukup luas. Nah mungkin Air Terjun Kali Pancur ini bisa dijadikan ide menarik sebagai tujuan berlibur Anda.

Pantai Marina

Pantai Marina adalah objek wisata pantai yang letaknya berada di Jalan Yos Sudarso, yaitu sekitar 4 km dari Tugu Muda. Pantai Marina ini di buka untuk umum selama 24 jam sehingga pengunjung dapat mengunjungi kapan saja mereka mau. Untuk harga tiketnya sangat terjangkau, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 3.000,- per orang.

Wisata Pantai Marina ini juga tidak kalah menarik dengan pantai-pantai yang lain. Pemandangannya tak akan mengecewakan bagi Anda yang suka berburu sunrise maupun sunset.

Pantai Marina juga menyuguhkan spot yang manarik, yaitu sebuah jembatan kayu yang menjorok ke laut. Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan di sini yaitu bermain air, membuat istana pasir, maupun memancing di tengah laut dengan menyewa perahu yang telah disediakan. Untuk Anda yang ingin berenang tapi takut tenggelam, di sini juga menyediakan penyewaan ban yang harga sewanya sangat bersahabat.

Cukup banyak bukan objek wisata alam di Semarang yang dapat Anda nikmati. So tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan anda ke Semarang sekarang juga!

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

32 + = 37

Terpopuler

Ke Atas
error: Konten Dilindungi !!
IBX59EDFD52E7CAD