Gaya Hidup

Punya Banyak Hijab Bahan Spandek? Inilah 3 Tips Merawat Hijab Bahan Spandek Yang Wajib Anda Ketahui

Venicka.com – Hijab memang selalu memiliki berbagai model dan jenis baru. Untuk menciptakan model-model yang selalu up to date, para produsen fashionpun memanfaatkan berbagai bahan untuk menciptakan hijab yang nyaman dipakai. Termasuk juga bahan spandek.

Sebelum mempelajari tips merawat hijab bahan spandek, akan lebih baik jika Anda memahami karakteristik kain spandek itu sendiri. Kain spandek adalah kain yang terbuat dari bahan serat sintesis. Kain spandek memang jenis kain yang sangat nyaman jika digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian.

Sebelum lanjut membaca, berikut ini sedikit informasi menarik tentang Tutorial Hijab bisa anda dapatkan di blog yang mengulas tentang fashion hijab yaitu TutorialHijab.co.id

Alasan yang membuat bahan spandek begitu digemari antara lain adalah bahannya yang ringan dan nyaman. Selain itu keelastisan spandek juga sangat bagus. Kain ini bisa melar hingga empat atau lima kali lipat jika memiliki kualitas baik, jadi jangan khawatir hijab Anda akan rusak apabila terkena tarikan.

Tiap kelebihan pasti akan dilengkapi dengan kekurangan bukan? Tak terkecuali hijab dengan bahan spandek.  Daya serap yang dimiliki kain ini memang tidak begitu baik sehingga keringat Anda tidak dapat diserap sempurna oleh hijab jenis spandek. Jadi, akan lebih baik jika Anda tak terlalu sering menggunakannya ketika berhijab di musim panas.

Kelemahan kedua hijab spandek ada di daya tahannya terhadap suhu panas. Sama seperti sifon dan polyester, hijab spandek memiliki tingkat kesensitifan yang tinggi terhadap suhu tinggi. Jadi Anda perlu berhati hati dalam merawat hijab bahan spandek milik Anda.

Namun tak perlu khawatir, tiga-tips mudah ini dapat Anda lakukan untuk merawat hijab kain spandek Anda jadi lebih awet.

Tidak Menggunakan Mesin Cuci

Ingin lebih praktis dan efisien memang sudah menjadi gaya hidup bagi orang di zaman sekarang. Segala aktivitas yang dapat dilakukan pun diserahkan pada mesin agar lebih mudah dan tak perlu  mengeluarkan banyak tenaga, begitu juga mencuci.

Namun, bagi Anda yang memiliki hijab berbahan dasar spandek, Anda perlu berpikir ulang untuk mencuci hijab Anda menggunakan mesin cuci. Sifatnya yang lentur dan elastis dapat membuat hijab Anda mudah melar jika Anda rutin mencucinya dengan mesin .

Mencucinya secara manual dengan tangan juga merupakan salah satu tips merawat hijab bahan spandek Anda agar tetap lembut. Jangan memerasnya terlalu keras atau mencucinya dengan sikat, hal ini dapat membuat hijab spandek Anda menjadi melar dan berbulu

Jangan ceroboh mencampurkan hijab spandek Anda dengan pakaian Anda yang mudah luntur sebelum warnanya akan rusak. Selain memisahkan warna, Anda juga perlu untuk memisahkan pakaian yang memiliki bahan kasar sehingga struktur hijab spandek yang memang lembut tak mudah rusak.

Gunakan air dingin ketika Anda mencuci hijab bahan spandek, menggunakan air bersuhu panas dapat dengan mudah merusak serat kainnya.

Tidak Menjemurnya Langsung Di Bawah Terik Matahari

Tak hanya spandek yang membutuhkan perawatan khusus, hijab Anda yang terbuat dari bahan sifon maupun polyester juga sangat tak dianjurkan jika dikeringkan langsung di bawah cahaya matahari. Terlebih jika suhu cuaca di sekitar Anda terlalu tinggi. Tentu hal itu akan membuat hijab spandek mudah rusak.

Tak perlu khawatir tak kering sehari, bahan spandek yang ringan dan tipis akan membuat hijab Anda kering lebih cepat.

Anda bisa menjemurnya di bawah terik matahari jika cuaca di lingkungan Anda sedang cerah berawan. Yang artinya kita tak perlu risau suhu udara di sekitar akan membuat bahan hijab menjadi rusak.

Ketika menjemur hijab bahan spandek ini, jangan menggantungnya menggunakan hanger, ya? Tips merawat hijab bahan spandek ini berlaku untuk semua model hijab. Air yang terkandung dalam hijab spandekAnda dapat membuatnya menjadi mudah melar sehingga bentuknya tak akan sama seperti semula.

Sebaliknya, membentangkan hijab bahan spandek ketika menjemurnya dapat membuat keelastisan hijab Anda lebih tahan lama. Anda juga tak boleh menggunakan pengering mesin cuci terlalu rutin untuk mengeringkan hijab spandek Anda.

Tidak Menyeterikanya Dalam Suhu Terlalu Panas

Untuk tips merawat hijab bahan spandek selanjutnya jangan menyetrika hijab spandek Anda dengan suhu yang terlalu panas. Bahan spandek terbuat dari bahan sintesis yang serat bahannya sangat sensitif dengan panas. Anda tentu tak akan menyeterika hijab kesayangan Anda dalam suhu terlalu panas bukan?

Suhu yang terlalu panas yang disebabkan setrika Anda dapat menimbulkan kerutan atau bahkan kerusakan pada hijab berbahan spandek.

Untuk menjaga agar hijab bahan spandek milik Anda tak memiliki carut putih maupun terlalu mengkilap karena kepanasan, Anda dianjurkan untuk men-setting setrika Anda pada mode medium temperature.

Sangat mudah bukan? Tiga tips merawat hijabbahan spandek di atas. Selain simpel tips merawat hijab bahan spandek di atas juga mudah diaplikasikan. Dimana kebanyakan kaum wanita terbiasa dengan urusan cuci, jemur, dan setrika. Berawal dari kebiasaan kecil, maka koleksi fashion hijab spandek Anda tentu akan bertahan lebih lama. Selamat mencoba!

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

82 − = 79

Terpopuler

Ke Atas
error: Konten Dilindungi !!
IBX59EDFD52E7CAD