Gaya Hidup

Baru Lulus SMA? Begini Tips Menentukan Jurusan Kuliah Tanpa Gelisah

venicka.com – Memilih jurusan ketika memasuki jenjang perguruan tinggi memang menjadi topik hangat bagi siswa lulusan sekolah menengah atas. Berbagai faktor eksternal seperti passing grade, banyaknya pesaing, belum adanya orientasi ke depan, serta kurangnya saran dari orang di seKamur, kadang  memang membuat Kamu semakin bingung menentukan pilihan. Akhirnya, jurusan yang terambil justru jurusan yang tidak sesuai dengan passion,namun mudah Kamu masuki karena kurangnya peminat.

Nah, berikut adalah beberapa tips menentukan jurusan kuliah yang dapat Kamu terapkan :

Kenali Bakatmu, Tentukan Passion-mu

Mengerjakan hal yang Kamu sukai, sesulit apapun itu akan terasa menyenangkan jika memang sejalan dengan isi hati. Jurusan dalam  perkuliahan memang bukan sesuatu yang dapat dianggap ringan. Karena Kamu akan bertemu dan mendalaminya selama empat tahun.

Tiap orang pasti memiliki aktifitas yang ia sukai dalam hidupnya. Kamu dapat menjadikan hobi maupun aktifitas tersebut untuk dijadikan acuan dalam menentukan jurusan kuliah. Hobi menggambar misalnya, dengan hobi menggambar tersebut, Kamu mampu meminimalisasi pilihan jurusan seperti desain komunikasi visual, seni rupa maupun desain produk.

Apa Jurusanmu Saat SMA?

Bagi Kamu yang tidak begitu ingin mendalami hobi. Jurusan sekolah saat SMA dapat memberikan jalan keluar dalam menentukan jurusan kuliah. Dalam penerimaan mahasiswa, tiap universitas pasti memiliki kriterianya masing-masing. Nah, salah satu yang terpenting adalah jurusan yang Kamu ambil saat SMA.

Bagi Kamu yang memiliki background IPA, Kamu dapat memilih masuk dalam jurusan sains teknologi. Begitupun dengan Kamu yang masuk jurusan IPS saat SMA, bidang sosial dan humaniora dapat Kamu jadikan prioritas sebagai jurusan yang nantinya akan dimasuki. Selain itu, modal belajar Kamu tiga tahun selama di SMA tentu dapat membantu perkuliahan yang sesuai dengan jurusan Kamu bukan?

Orientasi Kerja

Untuk apa gelar sarjana yang Kamu dapat dalam kurun waktu empat tahun mendatang? Tentu jawaban teratas adalah mencari pekerjaan. Dalam menentukan jurusan kuliah, orientasi kerja masa depan menjadi faktor penting yang harus dijadikan standar.

Kamu harus pandai-pandai menganalisis pekerjaan apa yang akan banyak dibutuhkan di masa depan? Profesi seperti akuntan, dokter, pengacara dan profesi ”resmi” seperti itu memang populer  di negara Kamu. Namun, tak berarti jurusan lainnya tidak memiliki kesempatan. You can create your own awesome and fun job! Gunakan kreatifitasmu, ciptakan peluang itu!

Jangan Dengarkan Pendapat Orang yang Merendahkanmu

Terkadang orang di sekitar Kamu memang lebih sering menilai Kamu apakah Kamu pantas atau tidak masuk dalam jurusan itu. Kalimat-kalimat seperti “Peringkat berapa besar di sekolah? Kenapa mendaftar di universitas bergengsi itu?“ menjadi irama yang sering terdengar ketika Kamu hendak masuk ke perguruan tinggi. Namun, jangan dengarkan dan terus maju. Satu-satunya cara untuk membungkam pendapat yang meremehkan Kamu adalah dengan bekerja keras dan buktikan pada mereka bahwa Kamu bisa mencapainya.

Seperti kata Bung Karno, bermimpilah setinggi langit, maka jika engkau jatuh, kau akan jatuh diantara bintang-bintang. Namun, dengan bermimpi saja Kamu tidak akan mencapai langit itu bukan? Kamu harus mewujudkan mimpi tersebut melalui doa,usaha, dan kerja keras untuk mencapai hasil terbaik. Jadi? Sudah menetapkan pilihan dan siap berjuang untuk mendapatkan kursi jurusanmu? Semoga tips menentukan jurusan kuliah di atas bisa bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

51 − 41 =

Terpopuler

Ke Atas
error: Konten Dilindungi !!
IBX59EDFD52E7CAD