Wisata

Negeri Di Atas Awan | Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival 2018

Venicka.com – Dieng Culture Festival selalu dinantikan oleh orang yang gemar berkelana dan mendambakan alam yang mempesona.  Festival Budaya Dieng dilaksanakan setahun sekali kala musim kemarau tiba.

Festival ini mampu menyihir wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang ke Negeri Di Atas Awan Dieng. Banyak kegiatan yang dilakukan selama berlangsung acara seperti pemotongan rambut gimbal, pagelaran wayang kulit, pesta kembang api, menerbangkan ribuan lampion, pertunjukkan kesenian daerah, bahkan festival musik jazz bisa dinikmati di sini.

Dieng adalah dataran tertinggi kedua di dunia setelah Nepal yang berlokasi di sisi Barat Gunung Sindoro dan Sumbing. Selain berada di kawasan gunung berapi vulkanik, terdapat candi peninggalan Hindu. Kawasan Dieng menjadi daya pikat setelah ditemukan oleh tentara Inggris kala itu tahun 1814 yang tidak sengaja menemukan reruntuhan candi di tengah danau.

Walau berlangsung acaranya di musim kemarau, wisatawan dianjurkan memakai baju hangat karena area ini berada di 2000 meter di atas permukaan laut. Cuaca bisa mencapai nol derajat Celcius apalagi Dieng Culture Festival ini kegiatannya pada malam hari.

Dieng Culture Festival ini agenda utamanya sebenarnya pemotongan rambut gimbal. Prosesi pemotongan anak berambut gimbal dilakukan di kompleks Candi Arjuna, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah diiringi tembang Jawa Macapat Dandang Gula. Dijelaskan warga Dieng  bahwa orang tua harus mengabulkan keinginan anak sebelum prosesi ruwatan dan pemotongan rambut gimbal dimulai.

Bagaimana bisa mengikuti keseluruhan acara festival buadaya Dieng ini? Bagi yang tidak mau repot bisa mengikuti Paket Wisata Dieng yang diselenggarakan biro perjalanan Tour & Travel. Atau yang gemar backpacker bisa melakukannya dengan kereta api atau bus.

Kalau naik kereta bisa turun di stasiun Purwokerto atau kalau naik bus bisa yang ke jurusan Wonosobo, nanti bisa disambung ke kawasan Dieng. Dari kota tersebut jaraknya dekat dan mudah dari segi akomodasi. Pastikan catat tanggal acara Dieng Culture Festival ini. Di sana Anda bisa sekalian jalan-jalan ke kawah Sikidang dan Telaga Warna berfoto-foto ria sambil menikmati jagung bakar dan purwaceng, minuman ginseng khas Dieng dan carica (semacam manisan).

Yuk meriahkan wisata budaya Dieng!

 

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Ini Dia Spot Instagramable Di Kulonprogo Untuk Anak Jaman “Now” - Venicka Arlia Putriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

74 − = 70

Terpopuler

Ke Atas
error: Konten Dilindungi !!
IBX59EDFD52E7CAD