Kesehatan

Berjemur Di Pagi Hari Mampu Lenyapkan Kolesterol Anda

Berjemur Di Pagi Mampu Hancurkan Kolesterol

Venicka.com – Banyak orang takut kena sinar matahari. Tapi sinar matahari di pagi hari pada pukul 7 sampai dengan 9 dapat memproduksi vitamin D pada tubuh secara alami. Berjemur selama 10 atau 15 menit, kolesterol yang berada di dalam kulit pun lenyap.

Berjemur di pagi hari adalah ketika matahari terbit atau muncul di mana adalah peristiwa  sisi teratas matahari muncul di atas horizon di timur. Ini berbeda dengan fajar, di mana langit mulai terang, beberapa waktu sebelum matahari muncul. Jadi sewaktu Anda terbangun di pagi hari, tunggulah saat matahari agak terik sekitar jam 7 pagi untuk berjemur.

Selain menunggu datangnya terik matahari, Anda bisa melihat pemandangan yang begitu indah saat sunrise (ketika matahari terbit) apalagi di atas pegunungan Wonosobo yang adem dan asri. Anda dapat merasakan segarnya udara di pagi hari. Lakukanlah gerakan yang sederhana sambil menikmati pemandangan yang indah.

Vitamin D memiliki banyak manfaat terutama dapat menguatkan tulang dan otot. Pada bayi,  vitamin D bermanfaat untuk pertumbuhan tulangnya. Itulah mengapa orangtua perlu menjemur bayinva pada pagi hari.

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan sinar matahari dipercaya dapat memicu pelepasan serotonin di otak. Pelepasan serotonm ini dapat membuat suasana hati lebih baik.

Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan osteoporosis, ricket atau pelunakan tulang pada anak-anak hingga osteomalacia atau tulang lunak dan rapuh yang terjadi pada orang dewasa.

Selain dari bantuan sinar matahari vitamin D juga bisa didapatkan makanan maupun minuman, seperti susu. Namun, ketika masuk ke tubuh tidak langsung terbentuk menjadi vitamin D aktif yang dipakai tubuh. Oleh karena itu langkah terbaik adalah menyediakan waktu berjemur matahari pada pagi hari serta rutin berolahraga di luar ruangan agar mendapat paparan sinar matahari yang cerah.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

24 − 18 =

Terpopuler

Ke Atas
error: Konten Dilindungi !!
IBX59EDFD52E7CAD